Apakah Cokelat Menyebabkan Jerawat?

22.45
Jerawat hmm.. tampaknya ini menjadi momok tersendiri bagi para remaja. Sebelumnya kilasperempuan pernah membahas tentang jerawat dalam postingan sebelumnya yang berjudul “tips mengatasi jerawat membandel”. Tapi untuk kali ini sedikit berbeda yaitu perihal cokelat yang banyak dituding sebagai penyebab jerawat. Sehingga tak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi cokelat.


Cokelat merupakan makanan lezat yang banyak digemari oleh segala usia. Tapi sebagian orang beranggapan bahwa cokelat bisa juga menyebabkan timbulnya jerawat. Apakah ini benar? Yuk kita ketahui jawabannya!
Dikutip dari kompas.com. menurut Mona Cohara, MD, professor klinis dermatologi di Yale School of Medicine mengatakan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan kadar kortisol darah dan memperburuk jerawat. Beberapa makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi adalah permen, roti dan pasta. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa karbohidrat menyebabkan tingkat insulin meningkat, yang berpengaruh pada peningkatan produksi sebum dan membuat pori-pori tersumbat.
Untuk Cokelat sendiri tidak boleh disalahkan sebagai penyebab jerawat, karena didalam cokelat yang banyak diperjualbelikan di masyarakat, sudah dicampur dengan susu dan gula dengan kadar tinggi.
Menurut Marguerite Germain, MD, dermatolog di Charleston, Carolina Selatan. Ladies masih bisa menikmati cokelat karena yang menjadi sumber masalah bukanlah cokelat itu sendiri. Mengonsumsi cokelat dengan kandungan 70% cokelat atau lebih tinggi akan semakin rendah indeks glikemiknya. 
Berdasarkan pendapat Marguerite tersebut dapat disimpulkan bahwa jika kandungan gula dan susu yang ada dalam cokelat dikonsumsi dalam jumlah yang aman, maka menjadi makanan yang aman bagi Anda.
Cokelat sendiri merupakan makanan yang sangat baik karena mengandung flavonoid yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat penuaan sehingga Anda akan tetap tampil cantik. So.. masih takut mengonsumsi Cokelat?

Artikel Terkait