Bijak Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

18.26
Ramadhan akhirnya tiba, bulan ini merupakan bulan yang berbeda dengan biasanya. Tidak hanya karena kita melakukan puasa dan kegiatan-kegiatan lain untuk mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya. Tapi juga dengan keuangan kita, yang tentunya akan sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Pengeluaran akan lebih besar  dan ini akan membuat Ladies dan keluarga kesulitan jika tidak pintar-pintar dalam mengaturnya.


Menurut pendapat dari Febiola Aryanti, Islamic Financial Planner seperti dikutip dari vemale, bahwa banyak pengeluaran sudah sering terjadi dari tahun ke tahun bagi keluarga yang akan mudik dan karena konsumsi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya keperluan Ramadhan hingga lebaran ini sudah dipersiapkan tiga bulan sebelumnya.
"Pada umumnya tabungan disisihkan 10 sampai 20%. Jangan sampai mudik, tapi dana pendidikan anak Anda terbengkalai. Kalau Anda punya THR pakailah untuk hari raya, tapi kalau tidak cukup dilihat berapa kekurangannya, baru dicukupi dari penghasilan (gaji) Anda,"
Febiola juga mengungkapkan bahwa bulan Ramadhan setiap tahun kita mengalaminya, permasalahan yang sering muncul adalah keuangan sedang tidak stabil, apalagi jika Ramadhan tahun ini bertepatan dengan kenaikan sekolah.
Lebih lanjut Febiola mengatakan bulan Ramadhan ini jangan sampai menyulitkan perekonomian Ladies, yang harus dihindari adalah diluar kemampuan kita. Contohnya, jika masih memiliki baju yang bersih, rapi, Anda tidak harus beli yang baru lagi. Karena baju baru di hari Lebaran merupakan sebuah tradisi bukan keharusan.
Untuk masalah makan dan minum Febiola menjelaskan. Sebenarnya untuk keperluan makan hanya dua kali sehari yaitu ketika sahur dan berbuka. Sering kali kita makan diluar atau jajan dan sebagainya, logikanya hal ini tentu saja akan memperbesar pengeluaran. Tapi jika Ladies taat dalam mengatur keuangan tentunya keuangan Anda akan bisa terjaga dengan baik.
Dibulan ini Anda harus tahu mana yang diprioritaskan, apalagi jika bersamaan dengan biaya anak sekolah seperti saat ini.
Nah, sudah ngerti bukan ladies, kita harus memprioritaskan pengeluaran yang penting dulu di bulan Ramadhan ini. Jangan sampai pengeluaran yang berlebihan akan mempersulit keluarga Anda.

Artikel Terkait