Cara Alami Mengurangi Mual Saat Hamil

08.50
Di trimester awal kehamilan sering kali ibu hamil mengalami mual. Hal ini tentu saja bisa menganggu aktivitas ibu hamil sehari-harinya. Untuk mengatasinya Anda tidak harus minum obat, Ladies bisa mencoba cara alami berikut ini seperti dikutip dari kompas.com.

ibu hamil

1. Hindari minum terlalu banyak
Minum air putih ketika masa kehamilan memang dianjurkan. Tapi jika Ladies mengalami mual sebaiknya jangan terlalu banyak minum air putih dalam satu kesempatan. Sebaiknya minum dengan jeda waktu agar perut tak terasa kembung. Karena jika kembung datang maka rasa mual akan semakin parah.
2. Jangan makan terlalu banyak
Bukan hanya minum saja yang harus dibatasi, makan juga begitu. Hindarilah makanan besar dalam jangka waktu yang berdekatan. Yang baik adalah makan sedikit-sedikit tapi dengan frekuensi yang sering. Hal ini disarakan agar makanan lebih gampang dicerna sehingga terhindar dari rasa begah.
3. Minum Teh Jahe
Salah satu minuman yang bisa membantu Ladies untuk menghilangkan mual ketika hamil adalah teh jahe. Karena menurut pengobatan Cina jahe merupakan obat-obatan panas. makanya jahe bisa berfungsi meredakan mual ketika suhu tubuh dingin. Minumlah segelas teh jahe hangat atau bisa juga mengonsumsi permeh jahe.
4. Menghindari gerakan tiba-tiba
Ketika bangun jangan secara tiba-tiba tapi secara pelan-pelan yaitu tetap berbaring sebentar ditempat tidur untuk menghindari rasa pusing. Begitupun juga ketika Ladies sedang duduk harus berhenti sebentar baru berdiri.
5. Jalan Kaki
Sebaiknya ibu hamil rutin jalan kaki terlebih jika ladies sedang mengalami mual dan pusing. Karena dengan melakukan aktivitas tersebut maka akan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Artikel Terkait