Efek Membawa Tas Terlalu Berat Pada Anak

02.02
Efek Negatif Tas Sekolah Terlalu Berat pada Anak - Hampir setiap hari anak sekolah tak bisa dipisahkan dari tas, karena ini merupakan salah satu kebutuhannya untuk membawa berbagai keperluan untuk sekolah. Sayangnya tak jarang dari mereka yang mengeluh karena beban tas yang mereka bawa cukup berat. Hal ini menjadikan orang tua bertanya, apakah tas sekolah yang terlalu berat bisa mempengaruhi pertumbuhan anak? Apakah anak akan menjadi pendek jika terlalu berat beban tasnya?

Sampai saat ini belum ada bukti tentang tas sekolah yang terlalu berat bisa menghambat pertumbuhan anak. Tapi berdasarkan studi dalam jurnal Pediatric Physical Therapy terungkap bahwa tas dengan beban berat bisa membuat tubuh cenderung membungkuk. Hal ini karena konsekuensi dari bergesernya titik berat tubuh.
Tubuh yang membungkuk tentu saja akan terlihat lebih pendek sehingga seolah-olah pertumbuhan anak terhambat. Selain itu efek lainnya dari tas sekolah yang terlalu berat adalah menyebabkan nyeri dibagian lower back. Untuk itu dianjurkan bagi anak sekolah membawa tas dengan berat hanya 10%-15% dari berat badannya.
Selain itu hindari pula memakai tas yang terlalu berat pada salah satu bahu saja. Karena akan menimbulkan kompensasi pada tubuh dengan menaikkan bahu tersebut. Efek yang akan timbul dalam jangka panjang adalah menderita pembengkokan tulang belakang.
Tas sekolah yang terlalu berat memang belum terbukti mempengaruhi pertumbuhan Anak. Tapi alangkah baiknya orang tua membatasinya agar bisa menghindari efek jangka panjang yang ditimbulkan yaitu terjadi pembengkokan tulang belakang.
Ok, sudah tahu bukan efek samping membawa tas sekolah terlalu berat. Mulai sekarang perhatikan tas sekolah Anak Anda.
via kompas.com

Artikel Terkait