Menjaga Kesehatan Ibu hamil 3 bulan Pertama

22.56
Ibu hamil perlu menjaga kesehatan ketika memasuki awal kehamilannya yaitu 3 bulan pertama. Hal ini cukup penting karena masa-masa kritis kehamilan adalah di bulan tersebut. Dengan selalu memantau perubahan yang terjadi ketika masa kehamilan pertama maka ibu hamil bisa mengatasi gangguan yang berpotensi mengganggu kondisi kesehatannya.

ibu hamil

Di periode awal kehamilan, akan menentukan bagaimana mempersiapkan kondisi ibu hamil dan janin untuk menghadapi tahap kehamilan berikutnya. Terkadang wanita hamil saking senangnya sehingga terlalu berlebihan yang membuatnya tidak memperhatikan kondisi janin yang masih sangat muda.
Pada saat periode awal kehamilan, wanita hamil selalu disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Bagi ibu yang sehat akan memiliki janin yang kuat sehingga hal ini akan meminialisir gangguan yang sering terjadi pada masa awal kehamilan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan memperhatikan diet ibu hamil.
Diet yang baik untuk ibu hamil adalah dengan menghindari makanan instan seperti junk food, mie instan, minuman ringan dan makanan yang digoreng. Dan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan yang bergizi tinggi. Wanita hamil dilarang untuk mengonsumsi makanan instan karena didalamnya tidak terkandung nutrisi yang memadai bagi ibu hamil. Bila terlalu banyak mengonsumsi makanan instan seperti mie instan, akan berdampak buruk pada perkembangan janin.
Yang harus dihindari oleh ibu hamil lainnya adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. hal ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, karena jika terlalu tinggi ketika masa kehamilan bisa menimbulkan potensi meningkatnya tekanan darah yang bisa mengancam pembentukan janin.
Kondisi psikologis dari ibu hamil juga perlu diperhatikan. Bagi wanita hamil yang terlalu stres bisa berpengaruh terhadap nafsu makan. Selain itu jika ibu hamil mengalami stress bisa memicu pendarahan yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran di awal kehamilan.

Artikel Terkait